Wednesday 17 October 2012

“MEREKA YANG TERLUPAKAN” TENTANG RIWAYAT HIDUP RAHMAT SAKARI ONO


“MEREKA YANG TERLUPAKAN”
TENTANG RIWAYAT HIDUP RAHMAT SAKARI ONO

Rahmat Sakari Ono adalah salah satu bekas tentara Jepang yang ikut berperang kemerdekaan Indonesia pada saat itu. Orangnya sangat santun, ramah, Sangat berdisiplin dan tepat waktu. Rahmat Sakari Ono memiliki daya ingat yang luar biasa. Dia juga menguasai medan yang pernah dijelajahinya dan Sangat ahli dalam taktik atau strategi militer, Rahmat Sakari Ono rajin menuliskan apa yang telah dialami
Rahmat Sakari Ono Lahir tahun 1919 di Hokkaido. Dia Anggota Pasukan Gerilya Istimewa yaitu anggota Pasukan Untung Suropati 18. Rahmat Sokari Ono Tinggal di Sidomulyo, Batu, Jawa Timur.
Pada tahun 1939 dia masuk militer, pada tahun 1942 Rahmat Sakari Ono masuk ke Indonesia dan dia Berdinas di markas besar di Bandung pada tahun 1943. Setelah Jepang Menyerah pada tahun 1945 di saat itu Indonesia juga merdeka merdeka Rahamt Sakari Ono  memutuskan lari ke pasukan Indonesia dan dia pindah tugas ke divisi Jawa Timur, pada tahun 1948 Rahmat Sakari Ono menjadi Pasukan Gerilya Istimewa (PGI) dan menganti namanya dengan Shigeru Ono, tangan kirinya harus diamputasi pada saat itu. PGI masuk ke dalam Pasukan Untung Suropati 18 di tahun 1949. Pada tahun 1950 dia keluar dari kemiliteran Indonesia dan menikah dan menjadi petani hidup sederhana dan kekurangan. Rahmat Sakari Ono tidak tahu tentang peraturan pajak orang asing atau kartu kuning. Dia banyak mendapat perhargaan pada tahun 1958 dari kemiliteran Indonesia,Tetapi pada saat itu dia  masih belum WNI. Dan dia resmi dinyatakan sebagai WNI di tahun 1962. Pertama kalinya dia ke kota besar dan bekerja di perusahaan Jepang pada tahun 1965. Dia pertama kalinya kembali ke Jepang sebagai orang asing di tahun 1974.

1 comments:

Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un..
beliau baru saja meninggal hari senin 25 /08/2014... beliau tetangga saya.. lahummul fatihah.... aamiin..

Post a Comment